Pelatihan Uji Validitas dan Skoring dengan MPlus – Institut Asesmen Indonesia

APA?

Pelatihan ini memberikan kemampuan dan keterampilan pengantar pada peserta untuk menguji validitas konstrak dalam rangka pengembangan instrumen (tes psikologi, tes dibidang pendidikan, alat ukur penelitian, dan lainnya) dengan menggunakan teori psikometri modern yaitu aplikasi terpadu dari analisis faktor & item response theory, serta software yang mutakhir (Mplus).

 

PESERTA

Target peserta pelatihan ini adalah psikolog atau sarjana psikologi, dosen, penelitimahasiswa (yang sedang menyelesaikan disertasi, tesis dan skripsi), mereka yang terlibat dalam pengembangan instrumen penelitian perilaku dan sosial, serta siapa saja yang berminat mengikuti pelatihan ini.

Syarat minimum untuk peserta adalah telah memiliki pengetahuan dasar dibidang regresi dan teori tes klasik (konsep dasar seperti reliabilitas dan validitas) namun akan lebih baik jika telah mengenal teori tes modern seperti item response theory dan analisis faktor konfirmatori.

 

KAPAN?

Training dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juli 2019. Lama pelatihan satu hari dari jam 09.00-16.00 dengan ishoma satu jam (12.00 s/d 13.00).

 

DIMANA?

Dilaksanakan di ruang pelatihan kantor IAI lantai 3

Komplek Golden Plaza (Golden Truly Fatmawati) Blok E No.4, Jl. Fatmawati Raya No.15, Jakarta Selatan

Google Maps:  https://goo.gl/maps/UaPfN8doAmq1rMEg6

 

MATERI?

  1. Review teori tes klasik secara ringkas.

2. Konsep dasar item response theory (IRT) dan analisis faktor konfirmatori (CFA).

3. Penggunaan IRT dan CFA untuk uji validitas instrumen penelitian dan tes psikologi serta estimasi dan kalibrasi parameter butir soal.

4. Penggunaan IRT dan CFA untuk mendapatkan true skor (teknik skoring pada tes psikologi dan alat pengumpul data penelitian).

5. Teknik penyusunan norma pada skor tes psikologi.

 

BIAYA?

Biaya untuk pelatihan adalah Rp 900.000,- per peserta. Sudah termasuk training material, software Mplus (versi 7.0), sertifikat, makan siang dan snack/coffee break.

 

Notes:

  1. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan proporsi 30% teori dan 70% praktek
  2. Peserta diharapkan membawa laptop masing-masing
  3. Software yang digunakan dalam pelatihan ini adalah software Mplus namun pada pengenalan pertama terkait EFA digunakan juga SPSS

 

Untuk registrasi, klik disini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *